Resep Kue Lapis

Kue yang berikut ini adalah kue yang berlapis-lapis sehingga dinamakan kue lapis. Meskipun kue ini terlihat sederhana, namun diperlukan kesabaran dan trik agar kue lapis ini bisa didapatkan hasilnya dengan baik. Ketika membuat adonan kue lapis ini harus di keplok atau diuleni agar menghasilkan adonan yang lembut. Dan pada saat anda menuangkan adonan cair, tuangkan adonan sedikit demi sedikit agar adonan yang dibuat rata dan licin serta tidak bergerindil. Setelah adonan selesai, maka warna untuk kue lapis ini bisa anda buat sesuai selera anda, bisa warna hijau, merah, coklat dan putih. Dan kue lapis ini menggunakan santan cair, sehingga rasanya lebih gurih dan enak. Kue lapis adalah kue khas dari Indonesia, dan setiap daerah memiliki ciri khas kue lapis masing-masing. Karena rasanya yang manis, legit dan enak menjadikan kue lapis ini salah satu kue favorit. Silahkan langsung anda catat saja bagaimana langkah-langkah cara pembuatannya sehingga bisa dipraktekkan dirumah anda.

Kue lapis

Bahan Bahan :

  • 185 gram tepung beras
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 7 tetes pewarna hijau (atau warna sesuai selera)
  • 800 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa
  • 1/8 sendok teh vanili bubuk

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung beras, garam, gula dan vanili bubuk. Aduk sampai merata campuran bahan tersebut.
  2. Ambil santan kemudian tuangkan santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk-aduk sampai merata dan adonan
  3. Apabila adonan sudah selesai dibuat, silahkan bagi adonan tersebut menjadi dua bagian. Tambahkan pewarna makanan hijau ke dalam salah satu adonan. Lalu aduk-aduk sampai merata. Sedangkan untuk adonan yang lainnya dibiarkan berwarna putih. Sisihkan adonan.
  4. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus kue lapis kali ini. Kemudian olesi loyang dengan menggunakan minyak dan beri alas plastik. Setelah itu, panaskan loyang tersebut dalam kukusan yang sudah anda siapkan. Tunggu sampai loyang benar-benar panas.
  5. Setelah panas, tuangkan sedikit adonan putih ke dalam loyang. Kukus adonan selama kurang lebih 5 menit atau sampai tekstur adonan menjadi mengeras.
  6. Jika sudah seperti itu, tuangkan kembali adonan yang berwarna hijau ini di atas adonan putih. Kukus sampai teksturnya keras. Lakukan langkah yang sama dan berulang dengan selang seling adonan hingga adonan habis.
  7. Setelah adonan habis, agar kue lapis yang anda buat ini benar-benar matang, anda harus mengukusnya selama kurang lebih 10 menit.
  8. Kemudian setelah kue matang, matikan kompor dan angkat. Diamkan beberapa saat hingga kue dingin. Setelah dingin potong-potong dengan ukuran dan bentuk sesuai selera anda.

Untuk 10 potong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !!